Tuesday, September 10, 2013

STRATEGI MENYIAPKAN BIAYA PERNIKAHAN


Saat ini ada banyak Wedding Organizer (WO) yang dapat membantu meng-arrange acara pernikahan mulai dari lamaran sampai hari H. Tetapi tentu saja ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Namun apabila kedua pasangan sibuk dengan pekerjaan masing-masing tidak ada salahnya mencoba untuk survei ke beberapa WO untuk membandingkan biaya dan detail paket yang diberikan. Ada juga WO yang bisa menyesuaikan paket dengan anggaran yang dimiliki si klien.

Tetapi bila Anda ingin mengorganisir sendiri, maka anggaran menjadi penting dalam penyelenggaran suatu acara, tentu saja pada saat menyusun anggaran disesuaikan dengan gambaran acara yang diinginkan. Mulai lah dahulu dengan menyusun anggaran sambil menyurvei biaya yang diperlukan. Sehingga ada gambaran berapa biaya yang dibutuhkan.
 
Tak ada salahnya mencari informasi dan meminta bantuan dari kerabat ataupun teman yang memang berprofesi dalam penyelenggaraan pernikahan, misalnya juru rias ataupun fotografer sehingga budget bisa lebih ditekan. Juga bantuan dari tetangga dan sanak saudara kalau menyelenggarakan acara di rumah dengan katering yang disiapkan sendiri.

Jangan lupa untuk menginformasikan kepada keluarga kalau Anda hanya ingin acara pernikahan yang sederhana sesuai kemampuan Anda saat ini, hal dimaksudkan untuk meredam tuntutan dari keluarga dan orangtua yang ingin memberikan saran dan syarat pernikahan yang di luar kemampuan Anda. Dan juga sudah menjadi hal yang biasa saat ini, jika calon mempelai meminta ucapan selamat yang diberikan dalam bentuk tunai saja, bukan berarti materialistis tapi realistis karena belum tentu barang yang diberikan sesuai kebutuhan dan keinginan calon mempelai.

Biasanya anggaran yang diperlukan dalam acara pernikahan mencakup:

1. Acara lamaran.
Memerlukan biaya katering, sewa tenda, kursi peralatan makan dan hantaran. Jika hanya keluarga inti saja yang ikut serta maka biaya katering bisa ditekan dengan menyiapkan sendiri, dokumentasi pun bisa disiapkan sendiri.

Untuk hantaran bisa dinegosiasikan dengan orangtua dengan hanya memberikan sesuatu sebagai simbolisnya saja, tidak perlu sampai berlebihan. Contohnya hantaran pakaian cukup satu stel saja, buah cukup satu parcel, dll. Sederhananya untuk acaranya ini bisa dianggarkan biaya sampai dengan Rp5 juta.

2. Pada saat hari H.
Pemberkatan nikah atau Akad nikah, bisa disiapkan di pagi hari dan setelah itu langsung menggelar acara, karena jika ditunda sampai sore hari lagi maka ada beberapa item yang harus di hitung dua kali misalnya rias mempelai, pakaian mempelai, konsumsi untuk keluarga, belum lagi charge atas kelebihan pemakaian mobil pengantin dan akomodasi keluarga yang harus disiapkan.

Untuk katering, jika menggelar acara di rumah bisa bertanya pada juru masak berapa kebutuhan untuk memasak dengan perkiraan berapa banyak tamu yang akan datang, umumnya jika mengundang 100 orang, maka perlu disiapkan 200 porsi makanan, karena diasumsikan tamu tidak akan datang sendirian.

Nah, sebenarnya jika menggelar acara di rumah, budget untuk katering lebih bisa ditekan, karena tidak akan dihitung per piring. Sehingga tamu yang diundang bisa lebih banyak. Bisa juga dengan sistem sewa gedungnya saja dengan katering yang kita bawa sendiri. Saat ini biaya memasak dan bahan makanan untuk sekira 100 orang bisa mencapai kurang lebih Rp2 juta-Rp3 juta dengan asumsi belanja sayur langsung di pasar dan di olah sendiri.

Untuk biaya rias pengantin dan baju pengantin diusahakan menyewa langsung dari sanggar rias pengantin, biasanya per paket dengan orang tua dan penerima tamu, sebesar Rp8 juta. Biaya lainnya seperti biaya dokumentasi sebesar Rp2 juta, biaya pengisi acara (MC, penyanyi, dan sound system) untuk dua jam sebesar Rp1 juta, biaya undangan dan souvenir bisa ditekan dengan desain undangan yang sederhana tapi elegan mulai dari Rp2 ribu per pcs.

Sambil mencari referensi yang sesuai, jangan lupa untuk mengumpulkan dana pernikahan. Mengingat waktu yang Anda miliki kurang lebih tinggal satu tahun lagi, maka cukup banyak dana yang harus anda sisihkan demi terselenggaranya pernikahan Anda berdua.


Happy Planning! Sekian dari saya. Semoga bisa menjadi masukan untuk Anda

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, silakan memberikan komentar yang sopan dan jangan menaruh link hidup pada kolom komentarnya.